Jurnal Refleksi Mingguan
Pada setiap akhir minggu, Kepala SMK sebagai peserta pelatihan akan mengunggah jurnal refleksinya. Tiap peserta perlu merumuskan pelajaran yang telah diambil oleh dirinya sebagai pribadi maupun pendidik profesional dari materi yang telah dipelajari dan situasi/keadaan/peristiwa yang telah dihadapi dalam semangat reflektif ke dalam suatu narasi yang bagian-bagiannya dirangkai dengan memanfaatkan kerangka refleksi 5M atau 5R (Bain dkk. (2002) dalam Ryan & Ryan (2013)), sebagai berikut :
Mendeskripsikan (Reporting) |
Reporting (Menceritakan ulang peristiwa yang terjadi) Aktivitas
yang sudah saya lakukan pada modul ini adalah : Ø Pada
Hari Senin, 02 Oktober 2023, mengikuti Pra Lokakarya Program Peningkatan
Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran Kepala SMK Pusat Keunggulan melalui
tautan zoom metting. Ø Setelah
itu Selanjutnya kami mulai dari alur mulai dari diri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang berada di LMS. Ø Kegiatan selanjutnya kami mengikuti alur eksplorasi materi yang yang ada di LMS mengenai Transformasi Pendidikan di Indonesia, babaimana manusia tergerak, bagaimana manusia merdeka bergerak, Murid Merdeka (Student Agency), bagaimana kekuatan kodrat alam – zaman sehingga menumbuhkan manusia – manusia merdeka. Ø Kegiatan dilanjutkan pada sesi satu ruang kolaborasi, kegiatan ini dipandu oleh Bapak Moch. Murdjiono dan Bapak Sutarji selaku fasilitator. Ø Pada
kegiatan sesi dua ruang kolaborasi kita berdiskusi dan kami mendapat tugas
menanggapi materi fasilitator. Ø Pada hari
berikutnya kita menyelesaikan tugas tugas mandiri yang ada di LMS. Ø Berkolaborasi
dengan Waka, Walas Guru dan karyawan dalam merumuskan atau melengkapi 6
kalimat rumpang yang kita tuangkan menjadi Visi Sekolah. |
Merespon (Responding) |
Responding
(Menjabarkan Tanggapan Yang Diberikan Dalam Menghadapi Peristiwa Yang
Diceritakan) Pada tahap ini, saya berusaha memberi tanggapan untuk terhadap materi yang disajikan oleh fasilitator. Kami menjabarkan tanggapan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, melalui pertanyaan yang ada di LMS. Saya
sebagai seorang pemimpin pembelajaran masih mengalami beberapa kendala dalam
menggerakan beberapa Guru guru senior dalam melalukan kebijakan dan
pengambilan keputusan dan beberapa guru lain lambat dalam menyelesaikan tugas
atau kegiatan kegiatan sekolah. Berkolaborasi
dengan Waka, Walas Guru dan karyawan dalam merumuskan atau melengkapi 6
kalimat rumpang yang kita tuangkan menjadi Visi Sekolah. |
Mengaitkan (Relating) |
Relating (Menghubungkan kaitan antara Peristiwa dengan Pengetahuan, Keterampilan, keyakinan atau informasi lain yang dimiliki) Pada kesempatan
lain kami mencoba untuk mempelajari bagaimana manusia tergerak sebagai mental
penggerak. Pada modul
ini kami mempelajari tentang cara kerja otak sistem berfikir cepat dan berfikir
lambat melalui tayangan video pendek berjudul “Eskalator dan Kerja Otak”
melalui link youtube : https://youtu.be/K1q8q8TNLkI. Video
ini berupaya menjelaskan bagaimana otak bekerja dalam dua sistem berpikir
yang berbeda, yaitu berpikir cepat dan berpikir lambat melalui perumpamaan |
Menganalisis (Reasoning) |
Reasoning (Menganalisis dengan detail, mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi) Untuk
dapat menerapkan atau praktik bagaimana manusia tergerak sebagai pemimpin,
saya harus memahami apa saja hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia dan
mempengaruhi bagaimana manusia dalam berperilaku supaya membawa perubahan transformatif 1. Cara kerja
otak: Sistem berpikir cepat dan lambat 2. Lima (5)
Kebutuhan Dasar Manusia: Kebutuhan Genetis 3. Tahap
tumbuh kembang anak oleh : a.
Ki Hadjar Dewantara, dan b. Tumbuh
kembang tataran psikologis dan sosial milik Erikson. |
Merancang ulang (Reconstructing) |
Reconstructing (Menuliskan
Rencana Alternatif Jika Menghadapi Kejadian Seupa di Masa Mendatang) |